Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Sabtu, 07 Januari 2012

Wanita Lebih Rentan Sakit Ketika Haid

| Sabtu, 07 Januari 2012 | 0 komentar

img 
(Foto: thinkstock)
Madrid, Wanita paling mungkin jatuh sakit ketika sedang mengalami menstruasi, yaitu ketika sel telurnya dilepaskan dari rahim atau sedang ovulasi. Penyebabnya karena tingginya kadar hormon estrogen selama ovulasi menurunkan aktivitas molekul yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian baru dari Spanyol menemukan petunjuk itu.
Selama ovulasi, tubuh wanita sangat besar kemungkinannya untuk hamil. Sel telur dilepaskan dari ovarium, rahim dipenuhi nutrisi, dan kadar estrogen berada pada tingkat tertinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa pada waktu ini, seorang wanita lebih mungkin terinfeksi bakteri dan kuman penyakit seperti herpes, HIV (Human Imunnodeficiency Virus) dan HPV (Human Papiloma Virus).

"Mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh akan memungkinkan sperma bisa bertahan hidup dalam saluran reproduksi wanita, dan memungkinkan bagi seorang wanita untuk hamil. Tapi pada saat yang sama, juga memungkinkan kuman penyakit menginfeksi wanita," kata peneliti, Miguel Relloso dari Compultense University di Madrid.

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Leukocyte Biology ini menunjukkan bahwa wanita paling rentan terhadap infeksi selama ovulasi. Hormon estrogen ternyata menurunkan aktivitas sistem kekebalan tubuh yang melawan patogen atau kuman penyakit seperti virus dan bakteri.

Para ilmuwan mempelajari perubahan sistem kekebalan tubuh pada tikus ketika kadar estrogen sedang tinggi-tingginya. Peneliti memberikan estrogen pada tikus betina dan menguji seberapa rentannya ketika diinfeksi Candida albicans, jamur yang menyebabkan infeksi jamur kelamin.

Seperti yang diharapkan, tikus yang diberi estrogen lebih rentan terhadap infeksi daripada tikus yang tidak diberi estrogen. Estrogen mengikat sel-sel yang memicu produksi molekul sistem kekebalan tubuh atau disebut juga Th17 dan kemudian menahannya.

"Hormon seks juga mungkin berperan penting dalam gangguan sistem kekebalan tubuh. Wanita lebih rentan terhadap penyakit sistem kekebalan tubuh. Awalnya kami berpikir mungkin estrogen lah yang menyebabkan peradangan," kata Susan Kovats dari Oklahoma Medical Research Foundation seperti dilansirmyhealthnewsdaily.com, Jum'at (6/1/2012).

Memahami bagaimana hormon seks estrogen mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk mengembangkan cara-cara baru untuk melawan infeksi, misalnya, menciptakan obat yang membuat wanita lebih tahan terhadap HIV.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!
 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com