Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Kamis, 05 Januari 2012

Dasar Pemotretan Landscape : KOMPOSISI > Aturan 1/3

| Kamis, 05 Januari 2012 | 0 komentar

Komposisi memegang peranan yang cukup besar dalam menghasilkan foto yang bagus dengan foto yang biasa. Karena dengan mengatur komposisi yang sesuai dengan kondisi yang ada kita akan bisa menghasilkan foto yang lebih dinamis dan enak untuk dinikmati.
Ada beberapa aturan dasar komposisi yang bisa kita pelajari dan nanti bisa kita terapkan di lapangan sesuai dengan kondisi yang ada.
Aturan 1/3 (rule of third)
Dengan menggunakan aturan 1/3 ini kita bisa menghasilkan gambar yang lebih dinamis dimana perhatian orang yang menikmati foto kita nanti tidak akan terpaku di satu sisi yang statis di tengah.
menempatkan obyek menarik di garis hayal
menempatkan obyek menarik di garis hayal

Aturan ini membagi frame menjadi 9 bagian dengan 2 garis hayalan horisontal dan 2 garis hayalan vertikal. Kita bisa menempatkan subyek utama gambar di salah satu pertemuan garis hayalan tersebut.
dengan meletakan subyek utama tidak di tengah gambar membuat orang yang melihat foto akan lebih berkesempatan untuk mengekspolasi seluruh frame.
obyek ditengah cenderung statis
obyek ditengah cenderung statis

Kesalahan orang yang baru mempelajari fotografi adalah menepatkan subyek di tengah, walau juga tidak salah karena memang tidak ada salah dan benar di dalam fotografi. Tapi dengan menempatkan subyek di tengah, mata kita hanya akan terpaku di tengah frame dan tidak banyak mengeksplorasi daerah lainnya.
horizon di 1/3 bawah
horizon di 1/3 bawah

kita juga bisa mengatur bagian utama dari foto pemandangan kita diantara garis hayalan tadi. Seperti contoh kita bisa meletakan horizon langit di antara garis hayalan di 1/3 bagian bawah apabila di kita melihat bagian atas mempunyai obyek  yang lebih menarik.
horizon di 1/3 atas
horizon di 1/3 atas

atau meletakan horizon di 1/3 bagian atas bila dibagian bawah mempunyai obyek yang lebih menarik, seperti batuan pada tepi danau di bawah
Untuk mempermudah penempatan komposisi menggunakan aturan 1/3 ini di beberapa kamera keluaran terbaru sudah dilengkapi fasilitas garis pembagi di Live view nya. Sehingga kita bisa lebih mudah meletakan subyek utama melalui garis panduan tadi.
nantikan seri dasar memotret landscape lainnya secepatnya

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!
 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com