Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Senin, 09 Januari 2012

Foto Bagus Tak Hanya Milik DSLR

| Senin, 09 Januari 2012 | 0 komentar

no_dslr
Kemajuan teknologi semakin mendukung kegiatan fotografi. Jika dulu, yang bisa menghasilkan foto bagus hanyalah dari kamera SLR (Single Lens Reflex) ataupun DSLR (Digital Single Lens Reflex), kini zaman itu telah berlalu. Fotografi milik siapa saja.

Memang, memiliki DSLR sudah menjadi gaya hidup atau malah sebenarnya gaya-gayaan. Tetapi kehadiran smartphone yang lebih mudah dibawa dengan kamera beresolusi tinggi untuk kelas ponsel, menawarkan kepraktisan dan keasyikan tersendiri bagi pehobi foto. Terlebih lagi, kehadiran mobile application seperti Instagram di iPhone, Bibbycam di BlackBerry, Retro Camera di Android dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi fotografi di smartphone yang menjadi surga bagi para pecinta olahan foto. Sekali klik kamera, pilih-pilih filter, voilaa! foto biasa menjadi super keren! Ditambah lagi, hasil foto bisa langsung dishare ke social media. DSLR secanggih apapun, belum punya fitur yang bisa langsung diajak ngetwit atau upload foto di FB! :D
Saya sendiri pengguna Canon DSLR. Kamera itu saya pakai untuk mengembalikan biaya yang saya keluarkan untuk membelinya, alias dipakai untuk side job. Sesekali, saya bawa traveling. Tapi jujur, seringkali saya ingin jalan-jalan tanpa perlu membawa kamera seberat itu. Ketika traveling pun banyak objek yang tidak bisa diambil exstreme angle dengan kamera DSLR saya karena berat dan membutuhkan gaya motret yang cukup atraktif seperti tiduran untuk super low angle. Kamera BlackBerry menjadi solusinya.
Untuk foto jurnalis pun, kamera ponsel bisa ikut partisipasi. Sebelum ada BlackBerry, media online terbesar di Indonesia membekali seluruh wartawannya dengan ponsel Nokia seri N untuk mengambil gambar dan membuat video. Yang tidak bisa disandingkan antara kamera ponsel dengan DSLR adalah kecepatan menangkap gambar dan shutter lag antara satu frame ke frame berikutnya.
Tetapi, kembalikan saja ke tujuan. Kalau tujuan kita motret untuk keperluan komersil, pencetakan dengan ukuran sangat besar, butuh kecepatan menangkap momen, ya pastinya membutuhkan kamera DSLR. Namun, jika untuk kepuasan hasrat setiap hari tanpa perlu pencetakan ke ukuran sebesar billboard, kamera ponsel sangat cukup menjadi alat yang bisa kita andalkan.
Foto bagus dalam arti bisa dinikmati oleh banyak orang, memiliki unsur keindahan didalamnya, dibuat dengan komposisi yang menarik, juga terkandung nilai informasi, bisa dihasilkan oleh kamera apapun. Tak hanya milik DSLR. Karena DSLR, kamera poket dan kamera ponsel hanyalah alat. Yang terpenting adalah “the man behind the gun!” :)
————
Inilah foto-foto yang saya hasilkan dari kamera ponsel, semua diambil dari BlackBerry 9800. Ada yang sudah mengalami pengolahan warna di Photoshop, ada juga yang warna asli dari kamera BlackBerry.
Apple, I ate you!
Apple, I ate you! (foto diambil dengan mode close up)
Teratai depan rumah
Teratai depan rumah (foto makro)
Belalang (pengolahan berupa menaikan kontras warna dan efek frame)
Belalang (pengolahan berupa menaikan kontras warna dan efek frame)
Interior The Hills Hotel (tidak ada pengolahan warna)
Interior The Hills Hotel (tidak ada pengolahan warna)
Jalan cepat di Hong Kong (tidak ada pengolahan warna)
Jalan cepat di Hong Kong (tidak ada pengolahan warna)
Gereja St Johns Catedral (convert warna ke BW)
Gereja St Johns Catedral (convert warna ke BW)
Siluet lampu jalan dan gedung (foto diambil melawan matahari, pengolahan warna dibuat lebih gelap)
Siluet lampu jalan dan gedung (foto diambil melawan matahari, pengolahan warna dibuat lebih gelap)
Gedung di Hong Kong (extreme low angle)
Gedung di Hong Kong (extreme low angle)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!
 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com