Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Rabu, 11 Januari 2012

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Liburan Bersama Anak

| Rabu, 11 Januari 2012 | 0 komentar

Anda para orang tua tentunya sering merasa kerepotan apabila melakukan perjalanan liburan bersama anak-anak. Berikut tips apa saja yang harus diperhatikan oleh orang tua saat mengajak anak berlibur.

  1. Libatkan anak-anak dalam memilih tempat liburan yang diinginkan. Hal ini membuat anak merasa ikut ambil bagian dan memiliki tanggung jawab untuk ikut menyusun acara liburan.Anak bisa mendapatkan gambaran terlebih dahulu mengenai tempat tujuannya sehingga bisa lebih tertib.
  2. Ajarkan anak-anak untuk menyiapkan persiapan liburannya sendiri. Melakukan traveling tentu harus menyiapkan kebutuhan pakaian dan pribadi lainnya. Ajarkan anak untuk mulai bisa menyiapkannya sendiri.
  3. Sesuaikan perlengkapan yang akan dibawa dengan situasi dan kondisi tempat tujuan liburan. Jika berlibur ke pantai maka bawalah topi, pelembab kulit maupun kaca mata renang. Jika berlibur ke tempat wisata anak yang memiliki permainan air, jangan lupa membawa handuk dan baju ganti. Dan jika tempat tujuan berlibur adalah ke tempat yang dingin, bawalah jaket dan sarung tangan secukupnya agar anak merasa lebih nyaman.
  4. Bawalah obat-obatan yang diperlukan selama masa liburan dan simpanlah ditempat yang mudah dijangkau. Jangan lupa membawa obat-obatan sebagai persiapan jika anak sakit. Sebaiknya beberapa kebutuhan anak yang penting disatukan dan dimasukkan dalam sebuah tas kecil sehingga lebih mudah dijangkau jika anak membutuhkannya.
  5. Bawalah snack makanan, minuman, mainan kecil atau buku cerita untuk mencegah anak rewel dan bosan menempuh perjalanan yang lama. 
  6. Khusus untuk perjalanan dengan pesawat, orangtua bisa memberikan permen karet atau dot untuk membuat telinga anak tetap nyaman menghadapi tekanan udara.
  7. Siapkan kantong plastik untuk persiapan jika anak mengalami mabuk perjalanan dan muntah.
  8. Ajaklah anak-anak mengobrol atau bercerita untuk mengusir kebosanan dan sekaligus mendekatkan hubungan anda dengan anak.
  9. Untuk perjalanan ke luar negeri, dokumen penting tentu menjadi hal yang harus disiapkan. Sebaiknya paspor dan tiket anak dipegang oleh orangtua.
  10. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, selipkan kertas di saku atau tas anak yang berisi informasi nomor telepon atau alamat penting.
  11. Untuk kemungkinan terburuk Berikanlah uang secukupnya pada anak untuk berjaga-jaga dan Simpanlah foto anak di dompet orangtua.
  12. Buatlah tempat pertemuan khusus dengan anak di hotel. Jika sewaktu-waktu terpisah, orangtua dan anak bisa bertemu di tempat tersebut.
  13. Berikan anak telepon genggam selama liburan untuk memudahkan anda mengubungi apabila sewaktu-waktu terpisah.
  14. Hal yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah orangtua harus ikut bergembira bersama anak selama liburan berlangsung. Orangtua dan anak senang adalah tujuan dari traveling. Momen liburan dan selama perjalanan bisa menjadi momen untuk meningkatkan kualitas hubungan orangtua dan anak. Temani, dampingi serta beri kebebasan untuk bereksplorasi demi kenyamanan anak.
sumber

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!
 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com