Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Jumat, 09 Desember 2011

Keadaan Geografis

| Jumat, 09 Desember 2011 | 0 komentar

LETAK GEOGRAFI         

          Kota Madiun bagian dari wilayah Propinsi Jawa Timur bagian barat, terletak di dataran rendah antara 7° - 8° lintang selatan atau sepanjang 7,5 km bentang arah utara selatan, dan antara 111° - 112° bujur timur atau sepanjang 6 km bentang arah barat timur. Letak geografis Kota Madiun sangat strategis karena terletak pada simpul jaringan jalan raya regional yang menghubungan daerah-daerah di Jawa Timur dengan daerah Jawa Tengah, khususnya menghubungkan Kota Madiun dengan kota-kota besar lainnya yaitu Surabaya dengan Surakarta dan Yogyakarta. Di samping itu Kota Madiun juga dilewati jaringan jalan kereta api lintas utama Pulau Jawa bagian selatan, yang menghubungkan Surabaya - Jakarta lewat Purwokerto dan Surabaya - Bandung.

         
Secara administrasi wilayah Kota Madiun berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Madiun dan Magetan dengan batas-batas sebagai berikut :

Sebelah Utara
:  Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun
Sebelah Timur
:  Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun
Sebelah Selatan
:  Kecamatan Geger Kabupaten Madiun
Sebelah Barat
:  Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun


GEOLOGI

          Keadaan geologi Kota Madiun sebagian besar terdiri atas tanah aluvial dengan kadar mineral dan organisme yang cukup Tanahnya berwarna hitam kelabu dan memiliki daya penahan air yang cukup baik.


TOPOGRAFI

          Kota Madiun merupakan suatu daratan dengan ketinggian ± 63 m di atas permukaan laut, terletak pada lembah Sungai Madiun sekitar 30 km di sebelah selatan pertemuan Sungai Madiun dengan Bengawan Solo. Di sekeliling dataran rendah Madiun terdapat rangkaian pegunungan yakni sebelah timur terdapat Gunung Wilis (2.169 m), sedangkan di sebelah selatan membujur Pegunungan Kapur Selatan yang mempunyai ketinggian antara 500 m sampai dengan 1.000 m di atas permukaan laut. Di sebelah barat Kota Madiun terdapat Gunung Lawu (3.285 m) dan di sebelah utara terdapat Pegunungan Kendeng dengan ketinggian antara 100 m - 500 m. membujur arah timur barat.

          Keadaan topografi Kota Madiun adalah sebagai berikut, di bagian selatan mempunyai ketinggian sekitar 67 m di atas permukaan laut, ke arah utara menurun sampai sekitar 64 m di atas permukaan laut, sedangkan di bagian tengah kota ketinggiannya berkisar 63 m di atas permukaan laut.


HIDROLOGI

          Di wilayah Kota Madiun struktur tanahnya cukup baik sehingga dapat menyerap air hujan dengan baik. Dengan demikian debit air tanah sepanjang tahun hampir tetap sehingga mempermudah untuk mendapatkan air bersih guna keperluan sehari-hari. Sumber air dangkal kira-kira sedalam 8 m sedangkan sumber air dalam/artesis terdapat pada kedalaman ± 90 m.

          Di bagian barat Kota Madiun mengalir sungai yang besar yaitu Sungai Madiun yang membelah kota menjadi 2 bagian, bagian timur sungai ± 82% wilayah kota sedang bagian barat sungai ± 18%. Pada saat musim hujan, sungai ini dulu sering menimbulkan banjir di beberapa daerah rendah dalam kota. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan tinggi antara daerah rendah Kota Madiun yang lebih rendah sekitar 2 - 5 m dengan dasar Sungai Madiun. Namun berkat keberhasilan pembangunan tanggul di sepanjang Sungai Madiun, Kota Madiun tidak pernah banjir lagi.


KLIMATOLOGI

          Iklim Kota Madiun dalam keadaan rata-rata sedang dan temperatur udara antara 20° - 35°C. Pada musim hujan angin berhembus dari arah utara ke selatan dan curah hujan rata-rata 1.871 mm per tahun.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!
 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com