Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Selasa, 21 Agustus 2012

Pahlawan Proklamasi : Bung Hatta

| Selasa, 21 Agustus 2012 | 0 komentar


Muhammad Hatta atau yang lebih dikenal dengan nama Bung Hatta merupakan salah satu tokoh proklamator bangsa. Beliau juga "tokoh pahlawan kemerdekaan" Indonesia. Dilahirkan pada 12 Agustus 1902 dengan nama pemberian orang tuanya, Muhammad Athar. Beliau dikenal sebagai pejuang, negarawan, Bapak Koperasi Indonesia, dan wakil presiden Indonesia yang pertama mendamping Soekarno. 


Masa Kecil Bung Hatta
Lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, beliau menempuh pendidikan dasarnya di Sekolah Melayu, Bukittinggi. Selain memperoleh pendidikan formal, beliau juga mendapat pendidikan agama dari ayahnya yang merupakan seorang ulama terkemuka di Bukittinggi. 
Beliau juga dikenal sebagi pribadi yang disiplin dan tepat waktu, sehingga ada pameo di Bukittinggi pada masa itu, "Orang Bukittingi tidak membutuhkan arloji, cukup melihat kapan Hatta kecil pergi sekolah, pulang sekolah, dan pergi mengaji".

Masa Muda
Lulus dari sekolah melayu kemudian beliau melanjutkan pendidikannya ke Europeesche Lagere School (ELS) di Padang. Setelah lulus beliau melanjutkan pendidikan ke Batavia (sekarang Jakarta) di Sekolah Tinggi Dagang. Lulus dengan prestasi yang sangat baik, Bung Hatta pun melanjutkan studinya ke negeri Belanda dan hidup di sana selama 11 tahun. Selain melanjutkan pendidikan, beliau juga aktif dalam beberapa organisasi di Belanda.

Kembali ke Indonesia  
Pada 1932, Bung Hatta kembali ke Indonesia, sesampainya di Indonesia Bung Hatta tetap aktif berorganisasi, saat itu beliau berbagung bergabung dengan organisasi yang diketuai Soetan Sjahrir, Club Pendidikan Nasional. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ilmu pengetahuan politik rakyat Indonesia melalui pengetahuan dasar.
Karena menurut Belanda organisasi ini dapat mengganggu pemerintahan Belanda, maka pada 1934, Bung Hatta dan Soetan Sjahrir ditangkap. Beliau kemudian diasingkan selama 6 tahun ke Digul, kemudian ke Banda.

Pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan
Pada Agustus 1945, dibentuklah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang diketuai oleh Soekarno dengan wakil Muhammad Hatta. Pada 16 Agustus malam, Panitia Persiapan Kemerdekaan melakukan rapat di rumah Laksamana Maeda, dengan tujuan untuk menyusun teks proklamasi yang akhirnya disetujui semua pihak untuk ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta atas nama Indonesia. 
Keesokan paginya, 17 Agustus 1945, naskah teks proklamasi yang telah dikerjakan tersebut dibacakan tepat pukul 10.00 pagi, di Jalan Pengangsaan Timur 56 Jakarta. Satu hari kemudian Soekarno ditetapkan sebagai Presiden pertama Republik Indonesia dan Hatta ditetapkan sebagai Wakil Presiden pertama Republik Indonesia. 

Kehidupan Pribadi Bung Hatta
Menikah dengan Rahmi Rachim pada 18 November 1945 di Bogor dan dari hasil pernikahan tersebut beliau dikaruniai tiga orang putri. Pada 1972, Bung Hatta menerima penganugrahan negara berupa tanda kehormatan tertinggi berupa “Bintang Republik Indonesia Kelas I” yang diserahkan oleh Presiden Soeharto. Hatta wafat 14 Maret 1980 pada usia 77 tahun dan dimakamkan di di TPU Tanah Kusir keesokan harinya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!
 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com